INDONESIA DARURAT KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN




Kegiatan 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap perempuan atau 1 days of Activism Againts Gender Violance atau yang biasa kita kenal dengan 16 HAKTP. merupakan gerakan bersama para aktivis serta pemerhati permasalahan perempuan. Hal itu di gunakan sebagai upaya menghapus segala bentuk kekerasan yang terjadi terhadap perempuan.
Yang mana hal itu berlangsung mulai tanggal 25 November sampai dengan 10 desember, adapun rangkaian ialah  tanggal 25 November merupakan Hari Internasional untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan, Tanggal ini dipilih sebagai bentuk penghormatan atas meningalnya mirabal bersaudara yaitu Patria,Minerva dan Maria Teresa pada tanggal yang sama di tahun 1960  akibat dari pembunuhan keji yang dilakukan oleh kaki kanan diktator  republic dominika, mereka adalah para pejuang demokrasi dan keadilan, serta menjadi symbol perlawanan terhadap kediktatoran pengusa republic dominika pada waktu itu. Tanggal 1 Desember Hari AIDS sedunia, Tanggal 2 Desember sebagai hari Internasional untuk penghapusan perbudakan hal ini sebagai bentuk perlindungan bagi korban terutama para kelompok rentan atas kejahatan perdagangan manusia. Tanggal 3hari internasional bagi penyandang cacat, Tanggal 5 desember sebagai hari kesukarelawanan, tanggal 6 desember sebagai haritidak ada toleransi bagi kekerasan terhadap perempuan, pada tanggal yang sama di tahun 1989 telah terjadi pembunuhan masal di universitas motreal kanada yang menewasakan 14 mahasiswi dan melukai 13 lainya dan diantaranya perempuan. para pembunuh atau snaper itu meningalkan sepucuk surat yang menyatakan kebenciannya kepada seorang feminis dan 19 daftar perempuan terkemuka yang mereka benci. Dan  tanggal 10 desember sebagai hari HAM internasional bagi organisasi­ organisasi di dunia yang mana telah ditetapkanya Deklarasi Universal Hak asasi manusia atau Universal Declaration of Human Rights oleh PBB di tahun 1948.

Kekerasan terhadap perempuan merupakan setiap tindakan yang berakibat kesengsaraan atau penderitaan pada perempuan baik secara fisik ,seksual atau psikologis , termasuk ancaman ataupun tindakan tertentu, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara sewenang ­wenang baik yang terjadi di depan umum atau dalam lingkungan kehidupan pribadi. Hal itu biasanya terjadi karena adanya ketimpangan atau ketidakadilan gender. Ketimpangan gender adalah perbedaan peran dan hak perempuan dan laki laki di masyarakat yang menempatkan perempuan dalam status lebih rendah dari laki laki . Perempuan mempunyai hak diantaranya : hak atas kehidupan, hak atas peresamaan, hak atas kemerdekaan dan  keamanan pribadi, hak  atas perlindungan  yang sama di muka umum dan hak atas pekerjaan yang layak, pendidikan serta pelayanaan kesehatan.



Kekerasan Seksual merupakan sebuah virus atau penyakit yang mesti di cari obatnya dan di cegah serta  di matikan. Agar hal tersebut tidak menjadi momok di masyarakat, terutama perempuan.   Tindak Kekerasan perempuan dapat terjadi dalam bentuk . tindakan kekerasan fisik, tindakan kekerasan non fisik, Tindakaan kekerasan psikologis atau jiwa. Adapun maksud dari Tindakan kekerasan Fisik adalah tindakan yang bertujuan melukai, menyiksa atau menganiaya orang lain. Tindakan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan anggota tubuh pelaku ( Tangan, kaki )atau dengan alat lainya. Mengutip dari CATAHU Komnas Perempuan kasus kekerasan di ranah publik mencapai angka 3.528 kasus, kekerasan sebanyak 2.670, tiga jenis kekerasan yang paling banyak adalah pencabulan 911, pelecehan seksual 198, pemerkosaan 669 kasus.


Selanjutnya Tindakan kekerasan non fisik merupakaan tindakan yang bertujuan merendahkan citra atau kepercayaan seseorang perempuan, baik melalui kata kata maupun perbuatan yang tidak di sukai atau dikehendaki oleh korbanya. Dan tindakan kekerasan Psikologis  adalah tindakan yang bertujuan menggangu atau menekan emosi korban, secara kejiwaan, korban menjadi tidak berani mengungkapkan pendapat, menjadi penurut, menjadi selalu bergantung pada suami atau orang lain dalam segala hal ( termasuk keuangan ). Akibatnya korban menjadi sasaran dan selalu dalam keadaan tertekan atau bahkan takut.

Sedangkan Pelecehan seksual merupakan segala macam bentuk tindakaan  atau prilaku yang berkonotasi seksual yang dilakukan secara sepihak dan tidak diinginkan oleh orang yang menjadi sasaran. Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja, adapun pelaku bisa saja teman, atasan di tempat kerja ataupun orang yang tidak pernah kita tau atau kenal. Akibat dari pelecehan seksual diantaranya Korban merasa malu, marah, terhina, tersingung benci kepada pelaku, dendam kepada pelaku, shok atau trauma berat dan berkepanjangan, serta perubahan prilaku dari aktif menjadi pendiam. Selain tindak pelecehan seksual ada perempuan juga bisa beresiko terhadap tindak Pemerkosaan, Pemerkosaan merupakan hubungan seksual  yang terjadi tanpa diinginkan oleh korban. Seorang laki-laki menaruh penis, jari atau benda apapun ke dalam vagina, anus atau mulut perempuan tanpa kehendak perempuan itu, hal itu bisa di kategorikan sebagai tindak pemerkosaan. Pemerkosaan dapat terjadi pada semua perempuan dari segala lapisan masyarakat tanpa memperdulikan umur, profesi, status perkawinan, penampilan atau cara berpakaian, berdasarkan pelakunya. Pemerkosaan bisa di lakukan oleh orang yang di kenal seperti, teman, tetangga, pacar, suami atau anggota keluarga dan orang yang tidak kita kenal, biasanya disertai dengan tindak kejahatan, seperti perampokan, pencurian, penganiayaan atau pembunuhan.  Langkah langkah yang perlu di lakukan bila hal tersebut terjadi di sekitar kita : membuat catatan kejadian, bicara kepada orang lain tentang tindakan kekerasan, pelecehan seksual, pemerkosaan yang terjadi, mengumpulkan barang bukti, memberi pelajaran kepada pelaku, melaporkan tindakan tersebut ke pihak berwajib dan mencari bantuan atau dukungan masyarakat.

Dari ulasan tersebut di harapkan kita para perempuan mampu menjaga diri kita dan keluarga kita dari hal­ hal yang tidak inginkan. Semoga dengan ini bisa mengurangi angka tindak kekerasan yang terjadi, mengingat perempuan cenderung diam atau menyembuyikan kasus tersebut. Mari Bergandengan tanggan satu kan tekad untuk bersama sama, sadar, bangkit dan bergerak bersama  mencegah serta menghapus segala bentuk kekerasan Perempuan.


*Henni Indarriyanti / Aktifis Sahabat Perempuan Dan Anak

Sumber Gambar : 
http://berau.prokal.co/read/news/50898-kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak-mengkhawatirkan
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/146762/kekerasan-terhadap-perempuan-ibarat-gunung-es
https://www.rappler.com/indonesia/131581-infografis-indonesia-darurat-kekerasan-terhadap-perempuan

PROFILE PENEBAR INSPIRASI

VISI
Menjadi perusahaan penyedia jasa informasi yang terkemuka dalam membangun semangat dan menggerakkan perubahan dilingkup nasional dan international.
MISI
Berperan penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dengan menyediakan informasi yang bersifat inspiratif, inovatif dan perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pembaca muda.

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

MOTTO

  • MEMBANGUN SEMANGAT
  • MENGGERAKKAN PERUBAHAN

YAYASAN BUMI RADEN WIJAYA

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.